MAKALAH : Hubungan Penguasaan Kosa Kata Terhadap Kemampuan Berbicara


PENGARUH MINAT MEMBACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETRAMPILAN
BERBICARA PIDATO

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran minat membaca dan penguasaan kosakata terhadap ketrampilan berbicara pidato. Penelitian ini adalah survei dengan populasi peserta didik kelas VIII SMP Swasta di Kota Depok. Sampel diambil dengan teknik random sampling sebanyak 60 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket, tes dan berpidato. Analilis data menggunakan regresi korelasi ganda. Dari perolehan hasil: (1) terdapat pengaruh yang signifikan minat membaca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap keteramplan berbicara pidato; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan minat membaca terhadap ketrampilan membaca terhadap ketrampilan berbicara pidato; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap ketrampilan berbicara pidato.
Kata kunci: minat membaca, penguasaan kosakata, ketrampilan berbicara pidato

.PENDAHULUAN
Bahasa sangat berperan penting bagi semua aspek kehidupan manusia. Selain dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari, bahasa juga diperlukan dalam menjalankan semua aktivitas manusia seperti untuk menyampaikan dan mengungkapkan ide, gagasan, pikir-an, pandangan maupun perasaan. Bahasa juga berperan sentral dalam per-kembangan intelektual, sosial, dan emosional siswa. Bahasa merupakan pe-nunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Kurikulum di sekolah-sekolah telah melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia yang bertujuan membantu siswa mengenal dirinya, budayanya, juga budaya orang lain. Siswa dapat pula menemukan dan menggunakan kemampuan analitis dan DEIKSIS.


imajinatif yang ada di dirinya baik itu kemampuan mendengar, berbicara, me-nyimak, serta kemampuan menulis.
Salah satunya adalah ketrampilan berbicara pidato. Ketrampilan berbicara pidato sangatlah penting dikuasai siswa guna meningkatkan ketrampilan ber-bahasa. Dengan berbicara pidato, siswa akan mampu mengekspresikan pikiran dan perasaannya dengan cerdas sesuai dengan konteks maupun situasi konteks. Ketrampilan berbicara pidato akan mampu mencetak generasi masa depan yang kreatif sehingga mampu mem-bentuk tuturan ataupun ujaran yang jelas, komunikatif, runut dan mudah di-pahami.
Bahasa adalah alat untuk mencapai tujuan dan menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan nyata (Vygotsky, 1978, 1986). Bahasa di-pandang sebagai alat yang efektif untuk mencipta peserta didik yang tangguh dan kempetitif. dalam pembelajaran bahasa Indonesia ada empat komponen ke-terampilan di antaranya : (1) membaca, (2) menyimak, (3) berbicara, (4) menulis. Ketrampilan berpidato me-rupakan bagian dari aspek yang di-kembangkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia sesuai dengan tujuan peng-ajaran dari aspek pengembangan indikator bahasa Indonesia pada siswa SMP.
Alek A. dan Achmad H.P. (2010: 77) mengatakan bahwa ketrampilan berbahasa, membaca merupakan suatu hal yang harus dipenuhi oleh semua anggota komunitas yang membuka diri dalam cakrawala pemikiran positif, referensial, berpikiran multidimensial, dan ke arah depan demi kemajuan kualitas dan kehidupan manusia. Per-nyataan tersebut menunjukkan bahwa tanpa latar belakang berpidato yang baik, siswa akan mengalami kesulitan dimasa yang akan datang dan kesuksesan mereka dipertaruhkan. Kemampuan berpidato memang menduduki posisi serta peran yang sangat penting dalam konteks kehidupan umat manusia. Oleh karena itu ketrampilan berpidato perlu diberikan pada anak sebagai salah satu usaha untuk menumbuhkan minat baca dan dan meningkatkan penguasaan kosakata dalam ketrampilan berpidato pada siswa.
Fenomena lain yang tampak ber-dasarkan observasi awal sistem pem-belajaran berbicara yang diterapkan oleh guru di sekolah yang akan diteliti cenderung monoton (didominasi oleh penggunaan metode ceramah), pem-belajaran dengan sistem klasikal yang mengarah pada komunikasi satu arah (guru dan siswa), dan lebih berorientasi penghafalan materi pem-belajaran.
Masalah yang timbul dalam proses pembelajaran berbicara secara formal missalnya mengemukakan pendapat ke forum, pidato, diskusi ilmiah, penyaji makalah, dll, yang belum memadai (masih rendah) sebagaimana uraian ter-sebut disebabkan oleh dua faktor utama, yaitu: faktor siswa dan faktor strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru.
Adapun faktor yang berasal dari siswa, antara lain:
(1) motivasi siswa dalam belajar berbicara sangat minim;
(2) minat baca siswa masih rendah,
(3) kosakata yang digunakan sederhana dan terbatas ;
(4) konsep atau bahan yang dimiliki siswa untuk dikembangkan jadi tulisan sangat terbatas;
(5) kemampuan siswa menafsirkan fakta untuk ditulis sangat rendah;
(6) kemampuan siswa menuangkan gagasan atau pikiran ke dalam bentuk kalimat-kalimat yang mempunyai kesatuan yang logis dan padu serta diikat oleh struktur bahasa. Ada-pun faktor yang berasal dari luar diri siswa, antara lain:
(1) pokok bahasan berbicara tidak memperoleh perhatian serius dari guru;
(2) sarana dan metode atau strategi pembelajaran berbicara belum efektif;
(3) kurangnya hubungan Pengaruh Minat Membaca Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Ketrampilan            Berbicara Pidato. komunikatif antara guru dan siswa serta siswa dengan siswa lainnya sehingga proses interaksi menjadi vakum.
(4) kurang ketersediaan buku bacaan baik di sekolah maupun di rumah
(5) kurangnya budaya membaca orang-orang di lingkungan sekitar siswa, dan
(6) kondisi siswa yang tidak ada tuntutan kepada siswa untuk giat membaca. Hal tersebut mengisyaratkan bahwa dibutuhkan pem-benahan dalam pembelajaran berbicara.
Kompetensi siswa dalam berbicara dapat ditingkatkan dengan membenahi segala hal yang menjadi titik kelemahan siswa dalam berbicara. Secara umum, berbicara merupakan suatu proses sekaligus suatu produk/ hasil. Berbicara sebagai suatu proses berupa pengelolaan ide atau gagasan dari tema atau topik yang dipilih untuk dikomunikasikan dan pemilihan jenis wacana tertentu yang sesuai atau tepat dengan situasi dan konteksnya. Kemampuan berbicara yang menuntut kemampuan untuk dapat me-lahirkan dan menyatakan kepada orang lain tentang hal yang dirasakan, di-kehendaki, dan dapat dipikirkan dengan bahasa lisan.
Ketrampilan berbicara bukanlah kemampuan yang diwarisi secara turun temurun dan tidak datang dengan sendirinya. Ketrampilan ini menuntut pe-latihan yang cukup dan teratur serta pembelajaran yang terprogram. Program-program tersebut disusun dan direncanakan untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam proses belajar ber-bicara formal, berbagai kemampuan itu tidak mungkin dikuasai siswa secara se-rentak. Semua kemampuan itu dapat di-kuasai siswa melalui suatu proses, setahap demi setahap. Karena kemampuan itu tidak bisa dikuasai secara serentak, untuk mempermudah mempelajarinya perlu di-buat skala prioritas. Penentuan prioritas ini di-harapkan dapat digunakan sebagai strategi dasar untuk memulai belajar berbicara dan mengemukakan pendapat. Sebagai strategi dasar, perioritas yang dimaksud tentu saja tidak hanya berupa suatu rangkaian kemampuan yang meng-arah pada terbentuknya sebuah ucapan formal.
Berbicara pidato merupakan pe-nyampaian gagasan atau ide yang ber-sumber dari pengalaman, pengamatan, imajinasi, pendapat, dan keyakinan dengan menggunakan media tulis sebagai alatnya. Berbicara pidato bukan-lah hal yang mudah. Adakalanya siswa memiliki pengetahuan, gagasan, dan ide yang luas, namun sangat susah me-nuangkannya dalam bentuk kata-kata yang harus diucapkan. Siswa kadang tidak mampu merangkai kata-kata untuk diucapkan. Siswa kadang kurang me-nyadari hubungan antara kalimat yang satu dengan kalimat yang lain. Akhirnya, sering ditemukan beberapa kalimat sumbang. Kalimat sumbang dalam ber-bicara pidato dapat menimbulkan ke-kaburan makna atau isi dari yang di-bicarakan. Sebaliknya, berbicara pidato akan lebih mudah dipahami jika kalimat-kalimatnya tersusun rapi, jelas kohesi dan koherensi antara kalimatnya
Namun demikian pada kenyataan-nya banyak siswa yang tidak memiliki ke-terampilan berpidato dengan baik. Siswa mengalami kesulitan dalam me-milih kosakata yang tepat sehingga hal itu sangat menghambat perkembangan ketrampilan dalam berpidato. Dalam ke-trampilan berpidato, penguasaan kosa kata memegang peranan penting karena dengan penguasaan kosa kata yang baik ketrampilan berbicara pidato akan ber-jalan dengan baik.
Selain faktor penguasaan kosa kata yang mempengaruhi ketrampilan ber-pidato adalah minat membaca. Dengan minat membaca yang tinggi maka siswa akan banyak memperoleh berbagai konsep, pengetahuan dan informasi se-hingga siswa akan terampil dalam ber-bicara pidato. Minat membaca yang tinggi akan mendorong dan menjadikan kegiatan berbicara pidato akan lebih ber-makna dan berkualitas. Apabila minat membaca pada siswa dan penguasaan kosakata sangat rendah maka itu akan menjadi penyebab siswa kurang me-miliki kemampuan dalam berbicara pidato.
Minat secara umum dapat diartikan sebagai suatu kecenderungan yang me-nyebabkan seseorang berusaha untuk men-cari ataupun mencoba aktivitas-aktivitas dalam bidang tertentu. Minat sebagai sifat positif anak terhadap aspek-aspek lingkungan. Minat dapat diartikan sebagai kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan menikmati suatu aktivitas disertai dengan rasa senang. Minat juga berarti ke-cenderungan hati yang sangat tinggi ter-hadap sesuatu (Tim Reality, 2008: 450).
Meicihati (1972) mengemukakan bahwa minat adalah perhatian yang kuat, intensif dan menguasai individu secara mendalam untuk tekun melakukan suatu aktivitas. Aspek minat terdiri dari aspek kognitif dan aspek afektif. Aspek kognitif berupa konsep positif terhadap suatu objek dan berpusat pada manfaat dari objek tersebut. Aspek afektif dalam rasa suka atau tidak senang dan kepuas-an pribadi terhadap objek tersebut.




PEMBAHASAN
TINJAUAN PUSTAKA
Pengertian Berbicara Pidato
Mulgrave (1964;3-4) menyatakan berbicara adalah kemampuan meng-ucapkan bunyi-bunyi bahasa atau kata-kata untuk mengekspesikan. Selanjutnya, dinyatakan bahwa berbicara merupakan sistem tanda yang dapat didengar dan dilihat yang memanfaatkan otot-otot dan jaringan otot manusia untuk me-ngomunikasikan ide-ide. Berbicara juga dipahami sebagai bentuk perilaku manusia yang memanfaatkan fktor fisik, psikis, neurologis, semantic, dan linguistik secara ekstensif sehingga dapat diguanakan sebagai alat yang sangat penting untuk melakukan kontrol sosial.
Marrie M. Stewart dan Kenneth Z Memer (dalam suhariyati dan edi suryanto, 1996; 129) bahwa hakikat ber-bicara adalah suatu proses pemindahan pesan dari suatu sumber kepada sumber yang lain. Sementara hariyadi dan zamzami (1997: 54) mengatakan bahwa berbicara pada hakikatnya merupakan suatu proses komunikasi sebab di dalam-nya terjadi pemindahan pesan dari satu sumber ke tempat yang lin. Burhanudin nurgiantoro (1988:252) mengatakan ber-bicara merupakan aktivitas mendengar-kan, berdasarkan bunyi-bunyi (bahasa) yang didengarnya, kemudian manusia belajar mengucapkan dan akhirnya mampu berbicara.
 Berbicara merupakan aktivitas kehidupan manusia normal yang sangat penting, karena dengan ber-bicara kita dapat berkomunikasi antara sesama manusia, menyatakan pendapat, menyampaikan maksud dan pesan, mengungkapkan perasaan dalam segala kondisi emosional dan lain sebagai-nya. Dedi Setiawan (2010, 98), men-definisikan bahwa pidato adalah ber-bicara di depan umum (orang banyak) untuk menyamaikan ide, gagasan, dan pikiran yang direncanakan ataupun yang tidak direncanakan. Pidato juga merupa-kan ketrampilan berbicara. Unsur-unsur dalam Pidato adalah pembicara, bahan materi, objek yakni pendengar, dan tema. Unsur-unsur tersebut sangat mem-pengaruhi antara satu sama lain.
Muhammad Rohmadi (2011: 54) memberi definisi bahwa pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Budi Artati (2012: 38) men-definisikan pidato sebagai suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk di-sampaikan kepada orang banyak. Gorys Keraf (2009:128) mengatakan bahwa Pengaruh Minat Membaca Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Ketrampilan Berbicara Pidato (Ana Widyastuti)
31

pidato adalah suatu bentuk perbuatan berbicara di depan umum atau orang dalam situasi tertentu, untuk tujuan ter-tentu dan kepada pendengar yang tertentu pula. Pidato adalah berbicara di depan umum (orang banyak) untuk me-nyampaikan ide, gagasan, dan pikiran yang telah disusun secara sistematis terstruktur dan efektif. Dari definisi di atas bahwa ketrampilan berbicara pidato adalah keterampilan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau mengucap-kan kata-kata untuk menceritakan, mengekspresikan, menyatakan, atau me-nyampaikan ide, gagasan, dan pikiran yang telah disusun secara sistematis terstruktur dan efektif di depan umum (orang banyak).
Pengertian MembacaMembaca menurut Klein, dkk. (dalam Farida Rahim, 2005: 3) : “Pertama, membaca merupakan suatu proses. Maksudnya adalah informasi dari teks dan pengetahuan yang dimiliki oleh pembaca mempunyai peranan yang utama dalam membentuk makna. Kedua, membaca adalah strategis. Pembaca yang efektif menggunakan berbagai strategi membaca yang sesuai dengan teks dan konteks dalam rangka me-ngonstruk makna ketika membaca. Strategi ini bervariasi sesuai dengan jenis teks dan tujuan membaca. Ketiga, membaca merupakan interaktif. Ke-terlibatan pembaca dengan teks ter-gantung pada konteks. Orang yang senang membaca suatu teks yang ber-manfaat, akan menemui beberapa tujuan yang ingin dicapainya, teks yang dibaca seseorang harus mudah dipahami (readable) sehingga terjadi interaksi antara pembaca dan teks.”
Dijabarkan juga oleh Burns, dkk. (1996: 6) bahwa: “aktivitas membaca terdiri atas dua bagian, yaitu proses membaca dan produk membaca. Dalam proses membaca ada sembilan aspek yang jika berpadu dan berinteraksi secara harmonis akan menghasilkan komunikasi yang baik antara pembaca dan penulis. Membaca adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dalam rangka untuk mendapatkan semua informasi, konsep, gagasan, dan makna yang ada pada suatu tulisan.
Pengertian Kosa kata
Menurut Kridalaksana (2008: 137) bahwa kosa kata (Vocabulary) adalah kumpulan kata; khazanah kata; leksikon. Dengan demikian, seseorang yang akan berbicara atau menulis seharusnya me-miliki sejumlah kata. Semakin banyak jumlah kata yang dimiliki seseorang akan semakin mudah menyusun kalimat, baik dalam bentuk bahasa lisan maupun bahasa tulis. Sedangkan Keraf (2005: 25) mengemuka-kan bahwa kata sebagai satuan dari per-bendaharaan kata sebuah bahasa mengandng dua aspek yaitu aspek bentuk atau ekspresi dan aspek isi dan makna. Bentuk atau ekspresi adalah segi yang dapat diserap dengan panca-indera yaitu dengan mendengar atau melihat. Sebaliknya segi isi atau makna adalah segi yang menimbulkan reaksi dalam pikiran pendengar atau pem-baca. Tambahnya lagi, Tarigan (2003: 64) me-nyatakan bahwa kosa kata merupakan suatu sistem bahasa yang berinteraksi dalam pola-pola sintaksis. Pendapat ini dapat kita sederhanakan bahwa kosa kata merupakan hubungan beberapa kata yang menjadi satu kesatuan yang erat dan utuh dalam membentuk sebuah frasa, kalimat atau wacana.
Pengertian Pidato
Pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, pidato diartikan sebagai: 1) mengungkapkan pikiran di bentuk kata-kata yang ditujukan kepada banyak orang, dan 2) Wacana yang disiapkan diucapkan kepada kalayak. Dalam situs DEIKSIS | Vol. 08 No.01 | Januari 2016 | 27 - 38
32
Wikipedia, kata pidato dideinisikan se-bagai sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambar-an tentang suatu hal. Pidato biasa-nya dibawakan oleh seorang yang memberi-kan orasi-orasi, dan pernyataan tentang suatu hal/ peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan.
Dedi Setiawan (2010, 98), men-definisikan bahwa pidato adalah ber-bicara di depan umum (orang banyak) untuk menyamaikan ide, gagasan, dan pikiran yang direncanakan ataupun yang tidak direncanakan. Pidato juga me-rupakan ke-terampilan berbicara. Unsur-unsur dalam Pidato adalah pembicara, bahan materi, objek yakni pendengar, dan tema. Unsur-unsur tersebut sangat mempengaruhi antara satu sama lain.
Muhammad Rohmadi (2011: 54) memberi definisi bahwa pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Budi Artati (2012: 38) men-definisikan pidato sebagai suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk di-sampaikan kepada orang banyak. Gorys Keraf (2009 : 128) mengatakan bahwa pidato adalah suatu bentuk perbuatan berbicara di depan umum atau orang dalam situasi tertentu, untuk tujuan ter-tentu dan kepada pendengar yang tertentu pula.
Dari beberapa pendapat di atas pe-nulis menyimpulkan bahwa pidato adalah berbicara di depan umum (orang banyak) untuk menyampaikan ide, gagasan, dan pikiran yang telah disusun secara sistematis terstruktur dan efektif.

METODE PENELITIAN
Metode yang digunakan dalam pe-nelitian ini adalah survei dengan teknik korelasional. Variabel penelitian ini ter-diri dari variabel terikat, yaitu Ke-trampilan berbicara pidato (Y) dan dua variabel bebas, yaitu Minat membaca (X1), dan Penguasaan kosakata (X2), maka model konstelasi hubungan antar variabel dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
 
Gambar 3.1. : Konstelasi Hubungan Antar Variabel Penelitian
Keterangan :
Variabel Bebas (X1) : Minat membaca
Variabel Bebas (X2) : Penguasaan kosakata
Variabel Terikat (Y) : Ketrampilan berbicara pidato
ε : Variabel lain yang tidak diteliti
Teknik pemilihan sampel dalam pe-nelitian ini menggunakan teknik gabungan antara cluster, proporsional dan random. Dari populasi terjangkau yaitu siswa kelas VIII SMP Swasta Depok yang terdiri atas 417 siswa dan terbagi 27 rombongan kelas belajar, maka dalam menentukan jumlah anggota sampel dari setiap sekolah dipilih secara acak. Dalam penelitian ini, peneliti me-netapkan jumlah anggota sampel adalah 60 siswa. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah:
X1 : Minat membaca
X2 : Penguasaan kosa kata
Y : Ketrampilan berbicara pidato
Sumber data untuk variabel minat membaca adalah jawaban responden (siswa) atas butir-butir pertanyaan yang ada dalam angket/ kuisoner yang diberi-kan oleh peneliti. Sumber data untuk variabel pe-nguasaan kosakata adalah Pengaruh Minat Membaca Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Ketrampilan Berbicara Pidato.

jawaban responden (siswa) atas butir-butir soal yang ada dalam perangkat soal tes untuk mengukur penguasaan kosa-kata dari responden. Sedangkan sumber data untuk variabel ketrampilan ber-bicara pidato adalah nilai yang diperoleh responden dari pelaksanaan uji praktik pidato yang temanya memilih dari be-berapa tema yang telah ditentukan oleh peneliti
Teknik mendapatkan data untuk variabel minat membaca dan penguasaan kosakata siswa adalah dengan meminta responden untuk menjawab butir-butir pertanyaan/ soal yang ada dalam angket/ kuisener/ soal yang diberikan oleh pe-neliti. Jawaban responden tersebut kemudian diberi skor sesuai dengan ketentuan penskoran yang ada pada angket. Sedangkan data untuk variabel ketrampilan berbicara pidato adalah dengan melaksanakan uji praktik pidato kepada responden yang temanya me-milih dari beberapa tema yang telah ditentukan oleh peneliti.
Untuk pengujian validitas butir pertanyaan angket ini digunakan rumus korelasi product moment pearson, di-mana kriteria penerimaan butir instrumen valid atau tidak digunakan uji validitas instrumen dengan rtabel, yang ditentukan uji satu sisi dengan taraf signifikansi ( α ) = 0,05 dan derajat kepercayaan ( df ) = k – 2 (dimana k = banyaknya responden uji coba). Kriteria validitas butir soal adalah jika r hitung lebih besar dari pada rtabel maka butir dianggap valid, Butir pertanyaan yang tidak valid tidak digunakan atau di-buang. Pada penelitian ini karena uji coba instrumen dilakukan pada 36 orang responden maka nilai rtabel adalah 0,2789.
Dari hasil perhitungan uji coba validitas instrumen diperoleh bahwa butir pertanyaan yang ada instrumen ini semuanya valid.
Untuk pengujian reabilitas instrumen ini digunakan rumus Alpha Cronbach. Angka reliabilitas yang di-peroleh dari perhitungan selanjutnya dibandingkan dengan rtabel pada uji satu dan derajat kepercayaan (df) = k – 2 dimana k = banyaknya soal yang valid. Pada instrumen ini karena banyaknya soal yang valid adalah sebanyak 20 soal maka besarnya rtabel adalah 0,3783. Kriteria reliabilitasnya adalah jika r hitung lebih besar dari pada rtabel maka instrumen tersebut reliabel.
Dari hasil perhitungan uji coba reliabilitas instrumen diperoleh bahwa nilai koefisien korelasi reliabilitasnya adalah sebesar 0,877, yang berarti bahwa instrumen tersebut reliabel
Pengujian instrumen dilakukan dengan menguji validitas setiap butir pertanyaan dan reliabilitas instrumen ter-sebut. Pengujian tersebut dilakukan pada 18 orang responden anggota populasi yang bukan anggota sampel.
Untuk pengujian validitas butir pertanyaan angket ini digunakan rumus korelasi product moment pearson, di-mana kriteria penerimaan butir instrumen valid atau tidak digunakan uji validitas instrumen dengan rtabel, yang ditentukan uji satu sisi dengan taraf signifikansi ( α ) = 0,05 dan derajat ke-percayaan ( df ) = k – 2 (dimana k = banyaknya responden uji coba). Kriteria validitas butir soal adalah jika rhitung lebih besar dari pada rtabel maka butir dianggap valid, Butir pertanyaan yang tidak valid tidak digunakan atau dibuang. Pada penelitian ini karena uji coba instrumen dilakukan pada 18 orang responden maka nilai rtabel adalah 0,4.
Dari hasil perhitungan uji coba validitas instrumen pada Lampiran 6 di-peroleh bahwa butir pertanyaan yang tidak valid sebanyak 5 butir yaitu butir nomor 22, 27, 30, 34 dan 40. Butir pertanyaan yang tidak valid ini dibuang dan tidak digunakan lagi dalam instrumen untuk mendapatkan data penelitian.
Untuk pengujian reabilitas instrumen ini digunakan rumus Alpha Cronbach. Angka reliabilitas yang diperoleh dari perhitungan selanjutnya dibandingkan dengan rtabel pada uji satu dan derajat kepercayaan (df) = k – 2 dimana k = banyaknya soal yang valid. Pada instrumen ini karena banyaknya soal yang valid adalah sebanyak 35 soal maka besarnya rtabel adalah 0,2832. Kriteria reliabilitasnya adalah jika r hitung lebih besar dari pada tabel maka instrumen tersebut reliabel.
Sedangkan ukuran pusat, letak dan simpangan diantaanya dapat ditentukan dengan rumus-rumus berikut:
1) Menentukan Mean/rata-rata (Y), dengan rumus:
n fi Y Y i   . 2) Menentukan Modus (Mo), dengan rumus:
dimana :          2 1 1b b b p b Mo
Mo = Modus
b = batas bawah kelas modus, ialah kelas interval dengan frekuensi terbanyak
p = panjang kelas
b1 = Frekuensi kelas modus dikurangi frekuensi kelas interval terdekat sebelumnya
b2 = Frekuensi kelas modus dikurangi frekuensi kelas interval terdekat sesudahnya
3) Menentukan Median (Me), dengan rumus:
Me = b + p dimana :      f F n 21
Me = Median
n = banyaknya data
F = Jumlah semua frekuensi sebelum kelas median
f = Frekuensi kelas median
b = batas bawah kelas median
p = panjang kelas median
4) Variansi (SD) dan Simpangan Baku, dengan rumus:
dan Simpangan Baku (S) = 2 1 1 2 . .      k i k i nfi Yi n fi Yi SD
Pengujian normalitas data masing-masing sampel diuji melalui hipotesis berikut :
H0 : data pada sampel tersebut ber-distribusi normal
H1 : data pada sampel tersebut tidak berdistribusi normal
Perhitungan dilakukan program aplikasi SPSS 17. Menurut ketentuan yang ada pada program tersebut maka kriteria dari normalitas data adalah “jika p value (sig) > 0.05 maka H0 diterima”, yang berarti data pada sampel tersebut berdistribusi normal. Nilai p value (sig) adalah bilangan yang tertera pada kolom sig dalam tabel hasil/ output perhitungan pengujian normalitas oleh program SPSS. Dalam hal ini digunakan metode Kolmogorov-Smirnov.
Kriteria signifikansi regresi tersebut adalah “jika Sig < 0.05 maka H0 ditolak” atau “jika Fhitung > Ftabel maka H0 ditolak”, yang berarti bahwa koefisien regresi tersebut signifikan, dengan kata lain terdapat pengaruh yang signifikan variabel bebas X1 dan X2 terhadap variabel terikat Y. Karena nilai Sig < 0,05 dan Fhitung > Ftabel maka koefisien regresi tersebut signifikan
Hipotesis Statistik
1. H0 : βy.1 = βy2 = 0
H1 : βy.1 ≠ 0 atau βy.2 ≠ 0;
artinya : Pengaruh Minat Membaca Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Ketrampilan Berbicara Pidato


H0 : tidak terdapat pe-ngaruh minat membaca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap ketrampilan berbicara pidato
H1 : terdapat pengaruh minat membaca dan penguasaan kosa-kata secara bersama-sama ter-hadap ketrampilan berbicara pidato
2. H0 : βy1 = 0 \
H1 : βy1 ≠ 0 ;
artinya :
H0 : tidak terdapat pengaruh minat membaca terhadap ketrampilan berbicara pidato
H1 : terdapat pengaruh minat mem-baca terhadap ketrampilan ber-bicara pidato
3. H0 : βy2 = 0
H1 : βy2 ≠ 0
artinya :
H0 : tidak terdapat pengaruh pe-nguasaan kosakata terhadap ketrampilan berbicara pidato
H1 : terdapat pengaruh penguasaan kosakata terhadap ketrampilan berbicara pidato

HASIL DAN PEMBAHASAN
Secara deskriptif, data penelitian ini dapat dinyatakan dalam tabel di bawah ini.



N
Minimu
Maxim
Mean
Median
Std.





m
um
Deviation


















Minat_Membaca
60
43.00
95.00
72.53
73.00
12.19401


















Penguasaan_Kosakata
60
49.00
94.00
72.85
74.00
11.38513


















Ketrampilan_Berbicara_P
60
59.00
89.00
73.93
74.00
7.75661



idato














Valid N (listwise)
60




























Tabel 2. Rekapitulasi Hasil Pengujian Normalitas










Tests of Normality































Kolmogorov-Smirnova

Shapiro-Wilk







Statistic
df

Sig.

Statistic
Df
Sig.

















Minat_Membaca


.073

60

.200*

.977

60
.299


Penguasaan_Kosakata


.097

60

.200*

.975

60
.247


Ketrampilan_Berbicara_Pidato
.093

60

.200*

.978

60
.347


a. Lilliefors Significance Correction










*. This is a lower bound of the true significance.
Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh minat membaca dan pe-nguasaan kosa kata terhadap ketrampilan berbicara pidato. Dari dekripsi data setelah dilakukan analisis korelasi diperoleh koefisien korelasi dari analisis regresi diperoleh persamaan garis regresi  = 28,02 + 0,283 X1 + 0,348 X2. Nilai konstanta = 28,02 menunjukkan bahwa dengan minat membaca dan penguasaan kosakata paling rendah sulit bagi siswa tersebut untuk bisa meraih pretasi belajar yang baik, sedangkan nilai koefisien regresi sebesar 0,283 dan 0,348 me-nunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif variabel bebas X1 (minat membaca) dan X2 (penguasaan kosakata) secara bersama-sama terhadap variabel terikat Y (ketrampilan berbicara pidato). Angka koefisien regresi tersebut juga menunjukkan bahwa setiap ada kenaikan satu nilai minat membaca maka akan terdapat ke-naikan ketrampilan berbicara pidato sebesar 0,283, dan setiap ada kenaikan satu nilai penguasaan kosakata maka akan terdapat kenaikan ketrampil-an berbicara pidato sebesar 0,348.

Setelah dilakukan pengujian linieritas garis regresi dengan meng-gunakan program SPSS diperoleh bahwa garis regresi tersebut linier. Dari pe-ngujian signifikansi koefisien regresi yang juga dilakukan dengan program SPSS diperoleh bahwa koefisien regresi tersebut signifikan, yaitu diperoleh nilai Sig = 0,000 dan Fhitung = 53,613, sedangkan Ftabel = 3,15. Karena nilai Sig

<    0,05 dan Fhitung > Ftabel maka benar bahwa terdapat pengaruh yang positif variabel bebas X1 (minat membaca) dan X2 (penguasaan kosakata) secara bersama-sama terhadap variabel terikat Y (ketrampilan berbicara pidato).

Pada hakikatnya penguasaan kosa kata adalah mutlak diperlukan ketika pe-nutur (pembicara) atau penulis membuat kalimat, paragraf, atau karangan secara utuh. Tanpa memiliki kosa kata yang



cukup, seorang penutur atau penulis akan mengalami kesulitan dalam me-rangkai kata demi kata. Dengan demikian, agar di-peroleh struktur kalimat yang memenuhi standar ke-bahasaan dan diksi yang tepat, maka seyogyanya seorang penutur atau penulis harus memiliki kosa kata sebanyak mungkin.

Dari informasi kuantitatif dan teori tersebut peneliti berkesimpulan bahwa minat membaca dan penguasaan kosa-kata mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama ter-hadap ketrampilan berbicara pidato Dari deskripsi data setelah dilakukan analisis korelasi diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,808 dan koefisien determinasi sebesaar 65,3%, setelah dilakukan peng-ujian dengan program SPSS terbukti bahwa koefisien korelasi tersebut signifikan. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh variabel bebas X1 (minat membaca) dan X2 (penguasaan kosakata) secara bersama-sama terhadap variabel terikat Y (ketrampilan berbicara pidato).

Sedangkan dari analisis regresi di-

peroleh persamaan garis regresi  = 28,02 + 0,283 X1 + 0,348 X2. Nilai konstanta = 28,02 menunjukkan bahwa dengan minat membaca dan penguasaan kosakata paling rendah sulit bagi siswa tersebut untuk bisa meraih pretasi belajar yang baik, sedangkan nilai koefisien regresi sebesar 0,283 dan 0,348 me-nunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif variabel bebas X1 (minat membaca) dan X2 (penguasaan kosakata) secara bersama-sama terhadap variabel terikat Y (ketrampilan berbicara pidato).

Setelah dilakukan pengujian linieritas garis regresi dengan meng-gunakan program SPSS diperoleh bahwa garis regresi tersebut linier. Dari peng-ujian signifikansi koefisien regresi yang juga dilakukan dengan program SPSS diperoleh bahwa koefisien regresi ter-sebut signifikan yang berarti benar























PENUTUP

Terdapat pengaruh minat membaca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap ketrampilan berbicara bidato.

Kedua terdapat pengaruh membaca terhadap ketrampilan berbicara pidato. Ketiga terdapat pengaruh penguasaan kosakata terhadap ketrampilan berbicara bidato.

Dari hasil penelitian ini, penulis menyampaikan beberapa saran sebagai berikut, (1) Hendaknya para guru dan orang tua memperhatikan minat mem-baca yang dimiliki siswanya/ putra-putrinya dan selalu memberikan arahan

Comments

Popular posts from this blog

Permasalahan Modal Bagi Petani

MAKALAH : Hubungan kecepatan membaca dengan kemampuan memahami isi wawancara narasi